Solusi belajar Bahasa Arab yang mudah dan simpel

Sunday, February 9, 2020

Muhawaroh 2 - Tentang كَيْفَ حَالُك


Inilah Muhawaroh #2 Tentang كَيْفَ حَالُك
Muhawaroh (Alhiwar) kali ini merupakan percakapan (muhadatsah) singkat berbahasa Arab antara Faruq dan Faizin. 'Kebetulan' mereka bertemu di salah satu tempat yg tak ditentukan sebelumnya. Sehingga percakapan mereka tampak tergesa" tapi mencakup cukup banyak hal.

Percakapan mereka dapat dibac lewat teks dialog berikut ini, dilengkapi arti atau terjemahannya ke dalam bahasa Indonesia.

Selamat membaca!
اَلْحِوَار اَلثَّانِي
Dialog #2
كَيْفَ حَالُك
Bagaimana Kabarmu

فاروق: صَبَاحَ الْخَيْر يَا فَائِزِيْن. كَيْفَ حَالُكَ الْيَوْمَ؟
[ Hai Faizin, Selamat pagi! Bagaimana kabarmu? ]

فائزين: صَبَاحَ الْخَيْر ، يَا فَارُوْق. اَنَا بِخَيْرٍ جِدًّا. وَأَنْتَ ؟
[  Selamat pagi, Faruq. Aku lagi baik. Dan kamu?]

فاروق: أَنَا بِخَيْر كَذٰلِكَ
[  Aku lagi baik juga. ]

فائزين: طَيِّبْ
[ Baiklah. ]

فاروق: وَ كَيْفَ حَالُ أَبِيْك؟ هَلْ هُوَ فِى صِحَّةٍ أَيْضًا؟
[ Dan bagaimana dengan ayahmu? Apakah beliau sehat? ]

فائزين: لاَ . يَا أَخِيْ ، إِنَهٗ لاَ يَزَالُ مَرِيْضًا
[ Tidak saudaraku. Dia sekarang masih sakit ]

فاروق: أََنَا آسِفْ جِدًّا لِسِمَاعِ هٰذَا
[  Aku sedih mendengarnya. ]

فائزين: طَبْعًا. فَأَرْجُو مِنْكَ الدُّعَاءْ لَهٗ أَنْ يَتَحَسّنَ سَرِيْعًا
[ Tentu saja. Makanya, aku berharap doamu, semoga beliau segera membaik. ]

فاروق: إِنْ شَاءَ اللهُ
[ In Syaa Allah. ]

فاروق: هَلْ تَعْرِفُ كَيْفَ عَنْ سَلْمَانْ؟
[Apakah kamu tahu  bagaimana kabar Salman? ]

فائزين: نَعَمْ. اِنَّهٗ بِخَيْر. بِالْأمْسِ ، اِتَّصَلَ بِي بِالْهَاتِفِ
[ Ya. Dia lagi baik. Kemarin dia meneleponku. ]

فاروق: هُوَ صَدِيْقِي اَلْكَرِيْمُ ، لٰكنَِّنَا لْمْ نَلْتَقِ مُنْذُ وَقْْتٍ طَوِيْلٍ
[ Dia temanku yg baik, tetapi kami sudah lama tidak ketemu.]

فائزين: مَاشَاءَالله. أَنََا مَسْرُوْرٌ بِهٰذَا
[ Maa Syaa Allah. Aku senang dgn kalian]

فاروق: وَأَنَا مَسْرُوْرٌ بِلِقَائِكَ. وَلٰكِنْ الآن لاَ بُدَّ لِيْ الرُّجُوْعُ إلٰى الْمَنْزِلِ . عَفْوًا
[ Dan aku juga senang bertemu kamu. Tapi maaf, aku harus pulang sekarang. ]

فائزين: نَعَمْ. لَا بَأْسَ. أَنَا كَذٰلِكَ
[ Ya tak apa". Aku juga harus pulang. ]

فاروق: اِلَى اللِّقَاءِ. بَلِّغْ سَلَامِيْ عَلٰى وَالِدِكَ.
[ Sampai jumpa lagi. Sampaikan salamku utk ayahmu. ]

فائزين: طَبْعًا. مَعَ السَّلَامَةْ
[ Tentu. Selamat jalan. ] 

Demikianlah Muhawaroh 2 - Tentang كَيْفَ حَالُك. Mudah"an bisa diambil manfaatnya.

No comments:

Post a Comment