Solusi belajar Bahasa Arab yang mudah dan simpel

Thursday, February 15, 2024

'ADAD & MA'DUD BILANGAN 20 SAMPAI 90 DAN CONTOH KALIMAT

اَلْعَدَدُ وَ الْمَعْدُوْدُ

ADAD DAN MA'DUD

BILANGAN 20-99


 

Dalam kaedah ‘Adad-Ma’dud untuk bilangan 20 sampai 99 mempunyai beberapa ketentuan dalam 3 hal. Ketentuannya sebagaimana berikut:

 

1. Apabila ‘adad atau bilangan 20 sampai 90 merupakan puluhan asli (tidak ada satuannya), maka tidak ada perbedaan dalam hal Mudzakkar-Muannatsnya. Dan i’robnya mengikuti ketentuan i’rob Jamak Mudzakkar Salim, disebut Mulhaq Jamak Mudzakkar Salim, Rofa’ dengan Wau (و), Nashob dan Majrur dengan Ya’ (ي). Kemudian Ma’dudnya harus Mufrod dan Manshub sebagai Tamyiiz.

Perubahan i’rob bilangan 20 sampai 90 merupakan puluhan asli sebagaimana tabel di bawah ini:


*

نَصَبٌ/مَجْرُوْرٌ

رَفْعٌ

*

20

عِشْرِيْنَ

عِشْرُوْنَ

٢٠

30

ثَلَاثِيْنَ

ثَلَاثُوْنَ

٣٠

40

أَرْبَعِيْنَ

أَرْبَعُوْنَ

٤٠

50

خَمْسِيْنَ

خَمْسُوْنَ

٥٠

60

سِتِّيْنَ

سِتُّوْنَ

٦٠

70

سَبْعِيْنَ

سَبْعُوْنَ

٧٠

80

ثَمَانِيْنَ

ثَمَانُوْنَ

٨٠

90

تِسْعِيْنَ

تِسْعُوْنَ

٩٠

 

Contoh bilangan 20 sampai 90 tanpa angka satuan di dalam kalimat Bahasa Arab:

 

عِنْدِيْ عِشْرُوْنَ تِلْمِيْذًا

Aku punya 20 murid (lk)

عَلَّمْتُ عِشْرِيْنَ تِلْمِيْذًا

Aku mengajar 20 murid (lk)

نَتَعَارَفُ بِعِشْرِيْنَ تِلْمِيْذًا

Kami berkenalan dengan 20 murid (lk)

عِنْدَهَا خَمْسُوْنَ تِلْمِيْذَةً

Dia (pr) mempunyai 50 murid (pr)

عَلَّمَتْ الأُسْتَاذَةُ خَمْسِيْنَ تِلْمِيْذَةً

 Bu Guru mengajar 50 murid (pr)

هٰذَا الْفَصْلُ لِخَمْسِيْنَ تِلْمِيْذَةً

Kelas ini untuk 50 murid (pr)

 

2. Apabila ‘adad atau bilangan 20 sampai 90 terdiri dari angka satuan 1 dan 2, maka angka satuannya (1 dan 2) harus sejenis dengan Ma’dudnya dalam hal Mudzakkar-Muannatsnya, sesuai kedudukannya di dalam kalimat, dan menjadi ‘Athof atas puluhannya. I’rob angka 1 mengkuti i’rob Isim Mufrod, Rofa’ dengan Dhommah (ـــُـ), Nashob dengan Fathah (ـــَـ), dan Majrur dengan Kasroh (ـــِـ). Untuk i’rob angka 2 mengikuti ketentuan Isim Mutsanna, Rofa’ dengan Alif (ا), Nashob dan Majrur dengan Ya’ (ي).

 

Sedangkan puluhannya tidak ada perbedaan dalam hal Mudzakkar-Muannatsnya, i’robnya mengikuti ketentuan i’rob Jamak Mudzakkar Salim, disebut Mulhaq Jamak Mudzakkar Salim, Rofa’ dengan Wau (و), Nashob dan Majrur dengan Ya’ (ي), sekaligus Ma’thuf terhadap satuannya. Kemudian Ma’dudnya harus Mufrod dan Manshub sebagai Tamyiz.

 

Adapun perbedaan Mudzakkar-Muannats bilangan 20 sampai 90 yang terdiri dari angka satuan 1 dan 2 sebagaimana tabel di bawah ini:


*

مُؤَنَّث

مُذَكَّر

*

21

وَاحِدَةٌ وَ عِشْرُوْنَ

وَاحِدٌ وَ عِشْرُوْنَ

٢١

22

اِثْنَتَانِ وَ عِشْرُوْنَ

اِثْنَانِ وَ عِشْرُوْنَ

٢٢

31

وَاحِدَةٌ وَ ثَلَاثُوْنَ

وَاحِدٌ ثَلَاثُوْنَ

٣١

41

وَاحِدَةٌ وَ أَرْبَعُوْنَ

وَاحِدٌ وَ أَرْبَعُوْنَ

٤١

51

وَاحِدَةٌ وَ خَمْسُوْنَ

وَاحِدٌ وَ خَمْسُوْنَ

٥١

62

اِثْنَتَانِ وَ سِتُّوْنَ

اِثْنَانِ وَ سِتُّوْنَ

٦٢

72

اِثْنَتَانِ وَ سَبْعُوْنَ

اِثْنَانِ وَ سَبْعُوْنَ

٧٢

82

اِثْنَتَانِ وَ ثَمَانُوْنَ

اِثْنَانِ وَ ثَمَانُوْنَ

٨٢

92

اِثْنَتَانِ وَ تِسْعُوْنَ

اِثْنَانِ وَ تِسْعُوْنَ

٩٢


Contoh bilangan puluhan yang terdisri dari angka satuan 1 di dalam kalimat Bahasa Arab:


عِنْدِيْ وَاحِدٌ وَ عِشْرُوْنَ تِلْمِيْذًا

Aku punya 21 murid (lk)

عَلَّمْتُ وَاحِدًا وَ ثَلَاثِيْنَ تِلْمِيْذًا

Aku mengajar 31 murid (lk)

نَتَعَارَفُ بِوَاحِدٍ وَ أَرْبَعِيْنَ تِلْمِيْذًا

Aku berkenalan dengan 41 murid (lk)

عِنْدِيْ وَاحِدَةٌ وَ خَمْسُوْنَ تِلْمِيْذَةً

Aku punya 51 murid (pr)

عَلَّمْتُ وَاحِدَةً وَ سِتِّيْنَ تِلْمِيْذَةً

Aku mengajar 61 murid (pr)

نَتَعَارَفُ بِوَاحِدَةٍ وَ سَبْعِيْنَ تِلْمِيْذَةً

Kami berkenalan dengan 71 murid (pr)


Contoh bilangan puluhan yang terdisri dari angka satuan 2 di dalam kalimat Bahasa Arab:


عِنْدَهٗ اِثْنَانِ وَ ثَمَانُوْنَ تِلْمِيْذًا

Dia (lk) mempunyai 82 murid (lk)

عَلَّمَ الأُسْتَاذُ اِثْنَيْنِ وَ ثَمَانِيْنَ تِلْمِيْذًا

Bu Guru mengajar 82 murid (lk)

هٰذَا الْفَصْلُ لِاِثْنَيْنِ وَ ثَمَانِيْنَ تِلْمِيْذًا

Kelas ini untuk 82 murid (lk)

عِنْدَهَا اِثْنَتَانِ وَ تِسْعُوْنَ تِلْمِيْذَةً

Dia (pr) mempunyai 92 murid (pr)

عَلَّمَتْ الأُسْتَاذَةُ اِثْنَتَيْنِ وَ تِسْعِيْنَ تِلْمِيْذَةً

Bu Guru mengajar 92 murid (pr)

هٰذَا الْفَصْلُ لِاِثْنَتَيْنِ وَ تِسْعِيْنَ تِلْمِيْذَةً

Kelas ini untuk 92 murid (pr)

 

3. Apabila ‘adad atau bilangan 20 sampai 90 terdiri dari angka satuan 3 dan 9, maka angka satuannya (3 sampai 9) harus berlawanan jenis dengan Ma’dudnya dalam hal Mudzakkar-Muannatsnya, i’robnya sesuai kedudukannya di dalam kalimat, mengikuti ketentuan Isim Mufrod, Rofa’ dengan Dhommah (ـــُـ), Nashob dengan Fathah (ـــَـ), dan Majrur dengan Kasroh (ـــِـ), dan menjadi ‘Athof atas puluhannya.

 

Sedangkan puluhannya tidak ada perbedaan dalam hal Mudzakkar-Muannatsnya, i’robnya mengikuti ketentuan i’rob Jamak Mudzakkar Salim, disebut Mulhaq Jamak Mudzakkar Salim, Rofa’ dengan Wau (و), Nashob dan Majrur dengan Ya’ (ي), sekaligus Ma’thuf terhadap satuannya. Kemudian Ma’dudnya harus Mufrod dan Manshub sebagai Tamyiz.

 

Adapun perbedaan Mudzakkar-Muannats bilangan 20 sampai 90 yang terdiri dari angka satuan 3 sampai 9 sebagaimana tabel di bawah ini:

 

*

مُؤَنَّث

مُذَكَّر

*

23

ثَلَاثٌ وَ عِشْرُوْنَ

ثَلَاثَةٌ وَ عِشْرُوْنَ

٢٣

34

أَرْبَعٌ وَ عِشْرُوْنَ

أَرْبَعَةٌ وَ عِشْرُوْنَ

٣٤

45

خَمْسٌ وَ أَرْبَعُوْنَ

خَمْسَةٌ وَ أَرْبَعُوْنَ

٤٥

56

سِتٌّ وَ خَمْسُوْنَ

سِتَّةٌ وَ خَمْسُوْنَ

٥٦

67

سَبْعٌ وَ سِتُّوْنَ

سَبْعَةٌ وَ سِتُّوْنَ

٦٧

78

ثَمَانٍ وَ سَبْعُوْنَ

ثَمَانِيَةٌ وَ سَبْعُوْنَ

٧٨

89

تِسْعٌ وَ ثَمَانُوْنَ

تِسْعَةٌ وَ ثَمَانُوْنَ

٨٩

99

تِسْعٌ وَ تِسْعُوْنَ

تِسْعَةٌ وَ تِسْعُوْنَ

٩٩

 

Contoh bilangan 20  sampai 90 yang terdiri dari angka satuan 3 sampai 9 di dalam kalimat

 

فِيْ الْفَصْلِ ثَلَاثَةٌ وَ عِشْرُوْنَ طَالِبًا وَ ثَلَاثٌ وَ عِشْرُوْنَ طَالِبَةً

Di kelas ada 23 siswa (lk) dan 23 siswa (pr)

فِيْ الْمَكْتَبِ أَرْبَعَةٌ وَ عِشْرُوْنَ كِتَابًا وَ أَرْبَعٌ وَ عِشْرُوْنَ مَجَلَّةً

Di kantor ada 24 kitab dan 24 majalah

اَلْغَنِيُّ يُطْعِمُ سَبْعَةً وَ سِتِّيْنَ مُدَرِّسًا وَ سَبْعًا وَ سِتِّيْنَ مُدَرِّسَةً

Orang kaya itu memberi makan 67 guru (lk) dan 67 guru (pr).

مَرَرْ تُ بِثَمَانِيَةٍ وَ سَبْعِيْنَ مُدَرِّسًا وَ ثَمَانٍ وَ سَبْعِيْنَ مُدَرِّسَةً

Aku bertemu 78 guru (lk)dan 78 guru (pr)

إِنَّ هٰذَا أَخِيْ، لَهٗ تِسْعٌ وَتِسْعُوْنَ نَعْجَةً

Sesungguhnya ini saudaraku, ia memempunyai 99 kambing betina (Shad, 23)

 

Keterangan:

- Kata yg diketik warna merah adalah ‘Adad, yg diketik warna biru adalah Ma’dud

- Keterangan lewat video, klik disini

 

No comments:

Post a Comment